Iklan
  • berbelanja cerita, mungkin menawarnya, bertemu suplier, dan ini bisa franchais

Kata-kata Ilmiah Yang Disalahartikan. (Bag-1, Hipotesis dan Teori)

Kali ini gw akan berbagi tentang istilah-istilah ilmiah yang menurut sekelompok orang dengan ketidakpahamannya menggunakannya dalam skema remeh malah kemudian memaknainya sama sekali salah dalam pengertian saintis.  Terlebih di negara kita, dimana budaya dan kerangka mendidik keilmiahan masih sangat kurang. Oh ya, bahasan ini tentunya gak gw elaborate dengan standart bahasa redaksi ya.. Karena jujur … Baca lebih lanjut

Cara Biar (GAK) Selalu Fit

Sepanjang waktu yang lumayan telah, gw habiskan di (lagi-lagi) tempat jauh dari rumah. Pekerjaan, penghidupan, atau pilihan hidup, terserah saja urutannya untuk (lagi-lagi) jadi alasan gw jauh dari rumah. Gw rasa bakalan panjang kalau posting ini membahas apa yang seru, apa yang baru, atau apa yang tabu di tempat gw kerja sekarang dibanding tempat sebelumnya … Baca lebih lanjut

Dunia NGO, dan Rumah Tidak Ramah

Oke, I’m back.. 🙂 belakangan ada yang ngingetin gw lagi, kalau memang salah satu passion gw adalah nulis. Gak sekedar ngingetin, bahkan ada yang apresiasi tulisan “random” gw.  Gw sih kalem aja nanggepinnya, tapi jujur di hati suka merasa “njriittt… gw keren juga, ini gw nih, gwww… muahahahaha..”. Gw sudah siapin satu tulisan gw, kenapa … Baca lebih lanjut

Terima Kasih, Untuk Membiarkanku…

1)    Tidak untuk bekerja, tetapi untuk berkarya 2)    Merasa kuat, karena bersama-sama orang hebat 3)    Melenggang girang, di antara kaki-kaki kecil yang riang Mendongengi, mewarnai gambar, ataupun menjelaskan apa itu sarang 4)    Beraksi sesuka hati, tak kenal lagi konsep birokrasi Pencerahan hakiki, adalah tentang menjadi diri sendiri, menihilkan kompromi basa-basi 5)    Untuk membersihkan aliran sungai … Baca lebih lanjut

Belajar Sayang Dari Binatang

Fuhh.. udah lama nggak ngeblog. Ada yang bilang writing practice tuh harusnya dilakuin dengan rutin, biar kita terus develop tulisan kita jadi lebih matang. Semua penulis hebat melakukannya. Jadi biarpun penulis itu kayaknya gak produktif nulis ataupun bikin buku, alasannya memang karena sponsor. Tapi diluar itu mereka tetep aktif nulis, karena nulis yang membuat mereka … Baca lebih lanjut

Tragedi Pencurian Dini Hari

Akhirnya aku mengalami hal ini juga. Aku pikir kejadian pencurian ini modelnya acak dan nyasar ke bagian orang yang lagi apes saja. Makanya sekitar sebulan lalu, ketika ada teman kantor yang kena musibah kemalingan di rumahnya, aku cuman nyengir sambil ngledek santai gitu aja. Mikirnya sih simple aja, temen saya itu lagi pas apesnya aja. … Baca lebih lanjut

Lilin (Beradu Tatap)

Aku memulai menulis ini saat lisitrik di kota ini (Pangkalan Bun) padam. Terus terang hal seperti ini sering membuatku kesal. Atau kuralat saja, menjadi tidak terlalu kesal. Kupikir lagi, ada aku dibuat penasaran saat padam, gelap, dan dingin lama tidak terjadi. Di luar hujan, gelap, hitam. Takut? Tidak lagi. Mungkin itu saat aku anak-anak. Kuterangkan … Baca lebih lanjut

Ngomongin Rasa Benci

“Gw benci sama dia, gw benci sama loe, gw benci sama artis itu, gw benci sama JIL, gw benci sama pemerintahan, gw benci ini dan benci itu, benci.. benci.. bencii..!” Tentu saja kumpulan umpatan benci di atas tidak yang sedang saya alami, yah kecuali soal pemerintah (tapi itu juga “dikit”). Namun paling tidak kalimat-kalimat diatas … Baca lebih lanjut

Pudar..

Aku pikir ini bukan masalah waktu Untuk mengingatmu, saat lama atau sebentar itu tak kumengerti Aku kira ini tentang senyum-senyum baru, kecil, manis Yang datang menggoda untuk mengacuhkanmu   Tahukah, kalau ini yang kurasakan sekarang Mengingatmu adalah hal yang cukup sulit dan kadang membuatku letih Lengan kecil dengan blues kotak-kotakmu itu.. Mata kecil dengan pandangan … Baca lebih lanjut

Renungan “Agama”

Suatu waktu yang terlampau sunyi dan hening, agama sedang merenungi tentang perjalanannya akhir-akhir ini, begini kira-kira renungannya..  Ahh.. umat beragama, kenapa saat kau berperilaku di luar tempat beribadahmu kalian seperti orang yang tidak beragama? Korupsi, mengelabuhi, dan nyinyir kepada sesamu. Kau pikir aku tidak tahu? Aku tahu betul, kau sengaja meninggalkanku di tempat-tempat ibadah. Dan … Baca lebih lanjut